Vespa
Hello guys kali ini saya akan mengupas sedikit
tentang sejarah vespa di Indonesia. Kendaraan asal Italia ini mempunyai banyak
penggemar walaupun sekarang telah banyak perubahan pada model vespa.
Banyak orang menggunakan vespa karena
ke-klasikannya. Kendaraan ini mulai mengawali karir nya ditahun 1917 tepatnya
di Pontedera dan menjadi pusat produksi pesawat (propellers, mesin pesawat, dan
aircraft) hingga setelah Perang Dunia II lahirlah produk otomotif yang dikenal
dengan vespa hingga sekarang.
Enrico Piaggio
Perang Dunia ke II menjadikan perekonomian
Italia sangat terpuruk. Hal ini juga berimbas pada Piaggio. Bahkan pabrik
pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu. Walaupun
pabriknya sudah hancur dibom, perusahaan ini tidak berhenti saat itu. Enrico
Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan perusahaan ini. Enrico
Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat terbang dan beralih
memproduksi alat transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan
harga terjangkau..
Prototype MP5
Enrico Piaggio menggandeng insinyur ahli
pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah kendaraan
bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah sebuah prototype Vespa yang diberi
nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti
bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan meminta Corradino
D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.
Vespa MP6
Enrico Piaggio menggandeng
insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah
kendaraan bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah sebuah prototype Vespa
yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti
bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan meminta
Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.
Corradino D’Ascanio sendiri tidak
suka dengan desain model motor yang umum karena membuat pakaian menjadi kotor
saat mengendarainya terutama celana yang sering terkena rantai dan mesin motor.
Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan bermotor yang nyaman
dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa rantai dan mempunyai
body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia juga meletakkan perpindahan
gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan
satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model vespa ini diberi nama MP6
dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai Vespa (bahasa Italia artinya
lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi model vespa
berikutnya.
Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia
Vespa Kongo
Tahukah Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun, seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur. Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.
Model Vespa Klasik dan Model Vespa Modern Sekarang
Pada awal-awal pembuatan Vespa
hanya mempunyai kapasitas mesin sebesar 98 cc dan kecepatan hanya sekitar 65 –
75 km/jam. Seiring berjalannya waktu Vespa terus berkembang, hingga tahun 1955
diproduksi Vespa pertama yang mempunyai kapasitas mesin 150 cc dan mempunyai
kecepatan hingga 100 km/jam adalah Vespa 150 GS.
Vespa GS
Model Vespa tidak banyak berubah
sejak pertama kali dibuat, hanya pada letak lampunya saja yang berubah yang
awalnya terletak di spakbor roda depan menjadi di bagian stang Vespa. Model
Vespa yang paling banyak digemari adalah Vespa Sprint, Vespa PX, dan Vespa
Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio pertama kali mengeluarkan produk Vespa Matic (automatic transmission) yang disebut Vespa PK 50S
Automatic.
Vespa PK
Vespa 4 tak yang pertama kali dibuat adalaha Vespa ET 125cc
pada tahun 1996 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun
Vespa.
Vespa ET
Memasuki millennium ke-20, Piaggio
membuat produk Vespa yang memenuhi standar emisi Euro2 seperti Vespa ET, Vespa
GT, Vespa GTS, Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa Sprint 125, dan Vespa
Primavera.
Logo Vespa
Gimana guys tertarik untuk memiliki
vespa menjadi kendarran pribadi kalian.
Sumber : Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar